Rabu, 23 Januari 2019

Banggalah menjadi dirimu, dirimu untuk indonesiamu.


Indonesia, beribu pulau menjadi kebangganmu, beribu adat istiadat menjadi penghiasmu, dan berjuta-juta generasi bangsa menjadi tombak untuk membuatmu maju. Indonesia, bukan sekedar nama, Indonesia tertulis di dalam jiwa di setiap benih kecil anak pewaris bangsa. Pendidikan adalah tombak itu, tombak yang membuat generasi bangsa dapat mengikuti perkembangan zaman, sehingga Indonesia tidak ketinggalan.
Sekolah Dasar, menjadi langah awal untuk memulai semuanya. Belajar membaca, menulis, berhitung, bergerak bebas, bermain dan gelak tawa mengiringi dentuman langkah untuk memperbaiki negri ini. SDN Pakaan Laok 01 dan 02 menjadi salah satu tombak pendidikan di Desa Pakaan Laok ini. membina anak-anak bangsa menjadi generasi yang berbudi luhur serta memiliki kemampuan yang kreatif dalam segala hal. Persoalan berapa jumlah anak bangsa yang dibina bukanlah hal yang perlu untuk dibesar-besarkan, yang terpenting adalah mereka mau menempuh pendidikan dengan benar dan mereka mampu menyerap materi dengan baik merupakan hal yang sudah menjadi kebanggaan.




28 siswa, adalah jumlah anak bangsa yang belajar di SDN Pakaan Laok 02. 28 bukan jumlah untuk satu kelas, tetapi 28 adalah jumlah keseluruhan siswa dari kelas satu sampai kelas enam. Dengan diimpin oleh kepala sekolah bernama bapak Hasan beserta satu orang guru bernama bapak Sipul, sekolah berlangsung sebagaimana semestinya. Melanyani mereka yang ingin membangun negri ini, membimbing anak bangsa dengan sepenuh hati. Setiap pagi, anak-anak bersemangat untuk berangkat belajar, meskipun jalan yang ditempuh dipenuhi dengan drama naik turun bukit, hal tersebut tidak menjadi masalah untuk mereka. Mereka tak pernah malu, bahkan mereka selalu mengakui bahwa mereka adalah anak-anak bangsa yang akan memperbaiki generasi berikutnya. Semangat siswa SDN Pakaan Laok 02 menjalar sampai kepada siswa SDN Pakaan Laok 01. Bukan untuk membandingkan, tetapi kenyataan menyatakan bahwa di SDN Pakaan Laok 01 memiliki siswa yang lebih banyak dari SDN Pakaan Laok 02. Berjalan menyusuri alam yang sedikit jauh adalah hal biasa untuk ditempuh demi mendapatkan ilmu yang diberikan oleh guru.
Pengharapan ibu pertiwi ada di tanganmu, maka dari itu berbanggalah dan jangan mengeluh. Semangatlah nak, dan persiapkan dirimu untuk Indonesiamu.
                                                       

Sabtu, 19 Januari 2019. (Zaina).

0 komentar:

Posting Komentar