Minggu, 27 Januari 2019

Es Javanis, Produk Unggulan Desa Pakaan Laok Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan

Kamis, 17 Januari 2019 menjadi saksi akan diadakannya pelatihan olahan jagung yang kedua setelah donat jagung. Bertemakan yang dingin-dingin menyegarkan, es javanis tercipta untuk menjadi penyegar dikala panas melanda. Es Javanis merupakan olahan terbaru dari bahan jagung manis. Biasanya jagung manis hanya dimasak dengan di rebus atau di bakar, dengan pelatihan ini, akan dipaparkan pembuatan olahan dari jagung yang akan dibuat menjadi eskrim. Es Javanis merupakan singkatan dari eskrim Jagung manis yang tentunya bahan baku yg digunakan adalah jagung manis.
Pelatihan olahan jagung diadakan di teras rumah bapak Kepala Desa pada pukul 09.00 pagi. Peserta yang datang lumayan banyak, dan kebanyakan berasal dari golongan ibu-ibu rumah tangga. Ibu-ibu desa Pakaan Laok sangat antuias ketika mendatangi pelatihan olahan jagung yang diadakan oleh kelompok KKN 72. Dipandu oleh saudari Zumrotul Nisail Fudla, Fela Ekawati dan Zainatus Sholikhah, pelatihan dimulai tepat pada pukul 09.30 WIB. Sebelum pelaksanaan pelatihan dimulai, terlebih dahulu, anggota KKN 72 sudah menyiapkan es Javanis yang sudah jadi, demi mempersingkat waktu pendinginan. Bahan-bahan yang digunakan tentunya adalah jagung manis, tepung eskrim merk pondan, susu kental manis, dan 150 cc susu full cream, bagi penyuka rasa manis dapat ditambahkan gula menurut selera. Cara pembuatan es javanis ini cukup mudah, yang pertama dilakukan adalah memipil jagung manis setelah itu di kukus dan dinginkan selama tiga puluh menit dan sesudah itu jagung diblender sampai halus. Selesai dengan jagung yang sudah halus, maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan adonan untuk eskrimnya.

Untuk adonan eskrim, yang pertama dicampurkan adalah tepung pondan, setelah itu susu cair dan susu kental manis, dan terakhir adalah jagung manis yang sudah di haluskan. Setelah semua tercampur, baru di mixer dengan kekuatan sedang selama kurang lebih 15-20 menit hingga adonan eskrim terlihat mengembang dan terasa halus. Ketika adonan eskrim sudah mengembang, waktunya untuk memasukkan adonan ke freezer selama delapan jam, sehingga eskrim akan sedikit memadat dan dingin. Untuk mempercantik tampilan eskrim, dapat ditambahkan meses ataupun buah-buahan segar.
Es Javanis yang manis membuat hari-hari semakin berbahagia, karena memakan makanan manis akan menimbulkan peningkatan kadar serotonin tubuh yang menyebabkan munculnya perasaan bahagia. Bukan hanya karena itu, olahan eskrim yang terbuat dari jagung juga memiliki banyak manfaatnya, salah satunya adalah baik untuk kesehatan pencernaan. Maka dari itu, es krim ini sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak maupun orng dewasa.
Pelatihan pembuatan es Javanis ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan produksi olahan jagung, tetapi juga bertujuan untuk memberikan referensi kepada masyarakat, bahwa jagung juga dapat di olah menjadi es krim yang bernilai jual tinggi.

Zainatus Sholikhah

0 komentar:

Posting Komentar