Senin, 28 Januari 2019

Kkn 72 UTM kembangkan bakat anak lewat pertunjukan pentas seni

            Kelompok 72 mahasiswa kuliah kerja nyata universitas trunojoyo Madura semester ganjil mengadakan pertunjukan pentas seni dengan tema “meningkatkan kualitas diri desa pakaan laok yang unggul dalam berbakat dan berkreatifitas“. Acara ini dihadiri oleh seluruh warga desa pakaan laok yang bertempat di kediaman bapak Nasuki yakni selaku bapak kepala desa di pakaan laok. Dimulainya pertunjukan ini merupakan pertanda bahwa pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kkn 72 kepada warga desa pakaan laok telah berakhir. Mengapa demikian? Karena acara pentas seni ini merupakan sekaligus penutupan kkn bagi kelompok 72. #kkn72pamitan
            Meskipun terdengar seperti sebuah perpisahan, namun acara ini dikemas dengan sangat meriah dan gembira tentunya. Terbukti dengan antusiasme warga yang berdatangan. Hampir seluruh warga baik dari kalangan anak-anak, pemuda-pemudi hingga orang tua turut andil didalamnya. Masyarakat hadir tepat pada waktu yang ditentukan, bahkan tidak sedikit yang telah menunggu beberapa jam sebelum dimulainya pentas seni ini.
Acara yang berlangsung selama 3 jam ini, dibuka dengan grup paduan suara dari siswa-siswi SD Negeri 2 pakaan laok.



            Adapun kesenian yang ditampilkan pada acara ini yaitu seni tari, seni musik, dan seni suara. Yang mana pengisi acara merupakan siswa dan siswi dari sd negeri 1 pakaan laok, sd negeri 2 pakaan laok. Dan Madrassah diniyah al-futuhiyah. Yani salah satu pengisi acara perwakilan dari madrrassah diniyah al-futuhiyah mengaku senang dengan digelarnya pentas seni ini karena selain dapat menjadi bagian dari keluarga kkn 72 utm yani juga mampu mengekspresikan bakat yang dimiliki. 
            Terdapat beberapa tarian daerah yang ditampilkan termasuk tari gundul-gundul pacul oleh murid madrassah al-futuhiyah dan manuk dadali persembahan dari anak-anak sd negeri 1 pakaan laok.
Ditengah penampilan seni dari anak-anak desa pakaan laok, pembawa acara menyisipkan sesi pembagian doorprize. Membuat masyarakat semakin semangat mengikuti jalannya pertunjukkan hingga berebut hadiah yang disediakan. Ibu Mislia selaku warga Desa Pakaan Laok sekaligus wali murid salah satu pengisi acara mengungkapkan “Acara seperti ini perlu diadakan secara rutin karena berhasil membuat anak-anak semangat dalam belajar”. Ibu mislia juga mengaku sangat senang ketika mendapatkan doorprize serta bangga menyaksikan persembahan tari anaknya.
Selanjutnya acara di meriahkan oleh penampilan Toyib siswa SD Negeri 1 Pakaan Laok melalui bakatnya membaca puisi. Toyib membawakan puisi dengan tema “Kemerdekaan” yang berhasil membuat rasa nasionalisme para pendengarnya semakin menggebu-gebu.
Acara yang dimulai pukul 13:00 wib, ditutup dengan penampilan mahasiswa peserta kkn 72 dengan menyanyikan lagu “sampai jumpa milik Endank Soekamti”.
Penampilan penutup ini seketika menyihir suasana menjadi haru dan membuat hadirin yang menyaksikan menitihkan air mata seakan tak mengizinkan kegiatan kkn 72 ini berakhir. Bapak Nasuki (kepala desa pakaan laok) berpesan agar silaturahmi diusahakan tetap terjalin walaupun masa pengabdian telah berlalu.

0 komentar:

Posting Komentar