Minggu, 27 Januari 2019

Profil Desa Pakaan Laok Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan


Desa Pakaan Laok merupakan salah satu desa yang berada di kawasan kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan Madura. Desa ini memiliki 3400 penduduk dengan mayoritas pekerjaannya adalah menjadi petani. Desa Pakaan Laok memiliki tipografi dataran tinggi, yang mana dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi. Dipimpin oleh kepala desa bernama Bapak Nasuki yang menjabat sejak tahun 2016 lalu, desa Pakaan Laok sedikit mengalami kemajuan karena pengerjaan jalan aspal semakin meluas dan diperbaiki sedemikian rupa.
Batasan desa Pakaan Laok yaitu, sebelah utara berbatasan dengan desa Pakaan Dajjah dan Trangen Timur, sedangkan di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Desa Pakong dan Manggan. Untuk perbatasan desa di bagian barat, berbatasan dengan Trangen Timur dan Alas Kupon. Batasan terakhir dibagian timur desa, langung berbatasan dengan Desa Galis dan Pekatan. Pakaan Laok sudah didedikasi sebagai kampung KB oleh pemerintah, maka dari itu, program KB di desa ini sangat dijalankan demi menekan angka pertambahan penduduk yang semakin membludak. Selain program KB, program pemerintah yang dijalankan yaitu PKH (Program Keluarga Harapan). PKH sendiri di programkan untuk meningkatkan angka perekonomiain di Desa Pakaan Laok.
Mempunyai  luas tanah sekitar 397.617 km3 desa Pakaan Laok dibagi menjadi 5 dusun. Dusun pertama yakni Dusun Barung, yang kedua adalah Dusun Pakaan Laok, dusun yang ketiga adalah Dusun Taman Sari, keempat adalah Dsusun Pakaan Tengah, dan dusun terakhir adalah Dusun Sumber Kara. Kelima dusun tersebut masing-masing dipimpin oleh satu kepala dusun atau biasa di sebut Apel (dalam bahasa setempat). Kepala Dusun bertugas untuk menghubungkan semua warga di desa Pakaan Laok, serta membantu tugas kepala Desa untuk mengatur seluruh bagian yang ada di desa. Tiap harinya, para Kepala Dusun berkumpul di rumah bapak Kepala Desa untuk membahas keperluan apa saja yang mungkin dibutuhkan di setiap dususn maupun di seluruh Desa Pakaan Laok. Desa Pakaan Laok belum memiliki kantor Keala Desa, maka dari itu, seluruh kegatan yang berhubungan dengan desa, dilaksanakan di rumah Kepala Desa (Klebun).



Sektor pertanian yang mayoritas di tanam oleh warga desa Pakaan Laok adalah tanaman jagung. Jagung dinilai mudah untuk ditanam dan sesuai dengan iklim Desa Pakaan Laok yang bersuhu lebih rendah. Selain jagung, warga Desa Pakaan Laok juga menanam kacang tanah, kentang jawa (larbhe’) dan cabai. Dari sektor peternakan, mayoritas warganya memiliki sapi, kambing, dan ayam sebagai hewan yang diternakkan. Sektor peternakan yang paling menonjol adalah peternakan ayam yang berada di Dusun Pakaan Tengah.  
Pakaan Laok memiliki bukit yang bernama bukit Barung. Bukit Barung terletak di  dusun Barung. Letak bukit ini tidak jauh dari rumah Kepala Desa, yakni bapak Nasuki. Dari rumah bapak Nasuki, cukup berjalan ataupun naik motor ke arah timur. Jalanannya cukup menanjak, sehingga ketika ingin menuju puncak, harus menggunakan motor yang tahan banting. Puncak bukit Barung tidaklah luas, namun cukup tinggi sehingga seluruh desa Pakaan Laok dapat terlihat dengan jelas. Ketika matahari hendak menyembunyikan sinarnya, disitulah letak keindahan sesungguhnya. Langit yang berwarna jingga kemerah-merahan serta sedikit menimbulkan awan mega, membuat indahnya pemandangan senja di bukit Barung tak terlupakan sampai kapanpun.

Zainatus Sholikhah

0 komentar:

Posting Komentar