Minggu, 27 Januari 2019

Senam Sehat, Senam Ceria Bersama KKN 72


Kegiatan berolah raga merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh kita bersama. berolah raga bukan hanya dapat dilakukan dengan berlari pagi, nge-gym ataupun yoga. Berolah raga juga dapat dilakukan dengan gerakan yang ringan atau dengan menggunakan melodi dari lagu tertentu atau biasa kita namakan dengan senam. Senam yang paling menyehatkan adalah senam yang dilakukan ketika pagi hari bersama keluarga maupun dengan teman-teman. Ada bermacam-macam senam yang kita ketahui dengan seksama, seperti senam SKJ, senam aerobik, zumba, dan lain sebagainya.



Anggota KKN 72 yang mengabdi di desa Pakaan Laok juga melaksanakan kegiatan senam bersama warga desa. Bertujuan untuk mengajak warga desa supaya meningkatkan kesehatan tubuh secara bersama-sama. Dilaksanakan pada setiap hari minggu. Senam merupakan proker tambahan yang dimasukkan anggota KKN 72 di desa ini, selain bertujuan untuk menyehatkan tubuh, senam bersama warga desa juga digunakan untuk ajang supaya lebih dekat dengan warga.
Dimulai pukul 07.00 WIB anggota KKN menyiapkan peralatan yang digunakan untuk melaskanakan senam seperti, sound system dan video tutorial senam. Senam yang dilakukan bersama warga desa adalah senam SKJ 2015, senam pong sipong, serta senam pinguin. Untuk instruktur senamnya sendiri adalah anggota KKN 72 yang sudah terpilih dan juga sudah menguasai materi senam yang akan dilaksanakan. Senam yang dilaksanakan pada hari minggu, 20 Januari 2018 merupakan senam terakhir yang dilakukan seluruh anggota KKN 72 sebelum masa baktinya berakhir. Dengan istruktur senam SKJ yaitu saudara Hendro, beserta anggota KKN dan seluruh anak-anak desa Pakaan Laok, senam berlangung dengan semangat dan sangat ceria.
Melodi melantun indah ketika video senam SKJ 2015 diperlihatkan kepada anak-anak. Antusiasme mereka mengembara ketika mengucapkan kata “ ha” di sela-sela senam berlangsung. Dengan gerakan sederhana dan irama yang sederhana pula membuat bulir keringat tak ingin jatuh menetes melewati pelipis milik anak-anak. Maka dilanjutkan dengan senam berikutnya, yakni senam pinguin. Gerakan senam yang lucu mirip dengan pinguin membuat anak-anak semakin bersemangat untuk melanjutkan senam dipagi ini. Senam terakhir adalah senam Pong sipong. Gerakannya cukup cepat dan bertumpu pada kaki, sehingga sedikit membuat kaki terasa pegal. Senam sipong digunakan untuk membakar lemak tubuh bagian paha dan lengan.
Setelah berakhirnya senam sipong, peluhpun menetes tak henti-hentinya. Jantung terasa berdetak sedikit lebih kencang dari sebelumnya, hal ini menandakan bahwa lancarnya aliran darah yang berada di dalam tubuh. Keringat yang keluar menandakan keluarnya racun yang selama ini terpendam dalam tubuh. Jadi kegiatan senam ini akan bermanfaat bagi mereka yang benar-benar melaksanakannya dengan baik.
Berolahraga bukanlah momok menyakitkan, tetapi dengan berolah raga, penyakit akan hilang dengan sendirinya. Memulai berolahrga memang berat, tetapi jika dilakukan bersama-sama ibarat berat sama dipikul ringan sama di jinjing. Bergotong royong dalam membasmi penyakit dalam tubuh masing-masing. Senam sehat, senam ceria, hiduppun menjadi lebih berbahagia.


Zainatus Sholikhah

0 komentar:

Posting Komentar