Jumat, 26 Juli 2019

Pelatihan Budidaya Lele


PELATIHAN BUDIDAYA LELE
        Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik mandiri kelompok 57 Universitas Trunoyo Madura melaksanakan pelatihan budidaya lele di desa Paka’an Laok Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan pada tanggal 17 Juli 2019 jam 18.00 WIB. Pelatihan budidaya lele yang dilaksanakan di kediaman Kepala Desa tersebut melibatkan masyarakat desa Paka’an Loak secara umum dimana informasinya disampaikan kepada Kepala Dusun sebagai bentuk undangan secara lisan untuk perwakilan warga di setiap Dusun. Acara tersebut dihadiri setidaknya 25 orang termasuk kepala desa kepala dusun dan  aparatur desa lainnya.
         Pelatihan budidaya lele merupakan program teknologi  tepat guna yang di laksanakan oleh KKN 57 UTM. Hal tersebut di dasari oleh potensi sumberdaya air yang melimpah namun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga desanya. Sejauh ini sumberdaya air di desa Paka’an Laok hanya dimanfaatkan sebagai air minum dan pemadian umum saja, sedangkan untuk menunjang kebutuhan ekonomi belum ada yang melaksanakan, meski ada informasi pernah ada warga yang pernah mencoba budidaya lele namun gagal dengan berbagai kendala teknis dan kurang pemahaman mengenai cara berbudidaya yang baik dan benar sehingga mengalami kerugian.  
          Program pelatihan budidaya lele mendapat respon posistif  oleh masyarkat, banyak yang tertarik untuk melakukan dan kembali mencoba berbudiya lele. Respon tersebut dilihat dari banyaknya masyarkat yang mengajukan pertanyaan dan pada akhir kegiatan setidaknya 10 orang warga meminta nomor ponsel dari pemateri yang termasuk anggota dari KKN 57 UTM, warga yang meminta nomor ponsel diantaranya Kepala dusun Taman Sari bapak Waki’ dan Kepala Dusun Paka’an laok bapak Abd. Kholiq. Program ini merupakan program berkelanjutan dikarenakan KKN5 UTM akan melakukan pendampingan kepada warga desa Paka’an Laok yang akan berbudiya pasca masa pengabdian KKN-57 UTM selesai.

Video in Pelatihan Budidaya Lele :

https://www.youtube.com/watch?v=LjIWMun-tHc

0 komentar:

Posting Komentar